Minggu, 14 November 2010

Gerakan Kampus TANPA Asap Rokok

di kampus sering banget mahasiswa2, dosen2, apalagi karyawan2 gt termasuk OB2nya ngerokok sembarngan.. padahal kampus kan uda wilayah bebas asap rokok.. tapi kok masih aja ya pada ngerokok d kampus??
klo d UNTAR emank blum ada peraturan yang melarang merokok.soalnya katanya seh masi ngikutin peraturan perda. nah orang rektornya sendiri aja merokok. piye iki??
nah, kebetulan karena didasari pemikiran itu, n kebetulan mata kuliah DKV V lagi ditugasin membuat suatu kampanye sosial, maka kelompok gue membuat suatu gerakan sosial, yaitu Gerakan Kampus TANPA Asap Rokok. emank ga gampang jalaninnya. banyak hambatannya, soalnya banyak perokok aktif yang ga setuju dengan gerakan ini (ya pastilah)..
Tapi ternyata setelah kita buat dan jalanin gerakan ini, seru juga loh. kita baru tau klo jumlah perokok pasif dan tentu saja ga seneng ama roko lebih banyak jau dibandingkan perokok aktifnya.
logo kelompok- leci


Gerakan Kampus TANPA Asap ROkok
 nah berawal dari kelompok, nama kelompok kita adalah kelompok leci. lalu kita punya logo gerakan kita nie..
gerakan kita itu mulai dari tanggal 3 november 2010. pertamanya kita mulai dari online dulu yaitu pembuatan fans page d facebook dengan alamat http://www.facebook.com/udarabersihudaraku. disini kita membagikan informasi- informasi tentang rokok, serta sekaligus bisa berinteraktif secara langsung dengan facebookers.trus kita juga ada pengisian voting via online.
setelah itu gerakan yang kita sendiri langsung turun kelapangan dimulai pada tanggal 9 november 2010 sampai 11 november 2010 tepatnya berlangsung di Universitas Tarumanagara yang berpusat di gedung R.
kita memasang media2 di gedung R tersebut. kenapa gedung R?? karena kita memulai dari lingkup kecil dahulu yaitu gedung yang sering kita tempati untuk proses belajar, makanya dipilihlah gedung R.
desain kartu voting
yang di atas itu adalah desain kartu voting kita. kenapa didesain seperti itu?karena kartu voting itu akan dijadikan mural. untuk yang mendukung gerakan kita cuma mencentang di lingkaran YA dan Tanda tangan d.. klo ga setuju ya coret aja d bulatan tidak.
desain kipas

desain police line

desain poster

desain poster 2

desain stiker permen

desain stiker
nah itu media- media yang kita gunain saat kampanye.. media- media stiker dan poster kita tempel diseluruh gedugn R dan juga di fakultas- fakultas lain. klo kipasnya kita bagiin ke mahasiswa- mahasiswa dan karyawan- karyawan sambil wawancara mereka. trus untuk permen, kita bagiin ke perokok aktif dengan ditempel tulisan " Mendingan isep gue daripada isep rokok".
nah, hasil kita dari hari pertama sampai hari ketiga, semuanya berjalan dengan baik dan sangat lancar. ada seh beberapa hambatan kecil. tapi bisa kita atasi kok cuma hambatan tentang ijin pemasangan. biasa lah kampus.
hasil akhir yang kita dapet dari hasil voting di kampus 1300 mendukung sekali gerakan ini dengan 82 perokok aktif yang juga mendukung. 96 orang tidak setuju. lalu hasil voting online 85% mendukung (154 orang) dan 15% tidak mendukung (27 orang). kita ga nyangka bakal sukses gerakan ini. yang pasti dengan bantuan dan bimbingan para dosen yaitu pak Enrico, Pak Adit dan juga Pak Abidin. terima kasih loh pak.
Kelompok Leci bersama kipas- kipas
 dibwah ini adalah beberapa dokumentasi gerakan kami. mural yang kami buat dari kartu voting terpasang selama seminggu di salah satu pilar di lobby gedung R.
ini adalah mural yang kami buat dari hasil voting

proses pembuatan mural

 proses keliling dan membagikan kipas ke fakultas- fakultas lain dilakukan selama tiga hari yaitu pada tanggal 8-11 november 2010.
comment dan keluh kesah tentang rokok


partisipan

hasil akhir


surat ijin pemasangan media

permen yang dibagikan kepada perokok aktif

bersama salah seorang dosen

 dan ini lah tanggapan- tanggapan masyarakat UNTAR tentang rokok dan gerakan kami.





untuk kelanjutan gerakan ini kami sedang memproses lebih lanjut surat yang akan diajukan kepada pihak UNTAR tentang penegasan peraturan tentang larangan merokok. semoga apa yang kami ajukan dan kami kerjakan diproses dan diberikan tanggapan oleh pihak UNTAR dengan baik. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar